Ayahanda Rasulullah


Baginda Rasulullah, sang penutup nabi akhir zaman yang tanpa nya mungkin kita tidak akan mengenal Islam sampai hari ini. Nama yang selalu kita sebut dalam setiap shalat kita, yang tidak ada satu manusiapun mampu menandingi kemuliaan nasabnya, utusan  yang menjadi panutan kita dalam menjalankan kehidupan, seseorang yang bernama Sayidina Muhammad SAW bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin al-Quraisyi al-‘Adnany.

Mari kita mengenal silsilah baginda Rasulullah SAW, yang mungkin tanpa kita sadar, disekitar kita ada nama teman kita yang sama dengan nama-nama mulia tersebut. Saya juga baru tau sesaat setelah membaca buku ini (sumber akan ditulis di akhir). Here we go...

Nenek beliau bernama Fatimah binti ‘Amr bin Aidz al-Makhzumy menikah dengan Abdul Muthalib membuahkan beberapa anak,  yaitu Abu Thalib (Paman Rasulullah yang ikut dan setia memperjuangkan dakwah bersama Rasulullah), Zubair, Abdullah (Ayahanda Rasulullah), Ummu Hakim (Kembaran ayahanda Rasulullah), Atikah, Barrah, Umaimah dan Arwa. Jika kita meneruskan silsilah pohon keluarga nabi, adapun nenek Abdullah dari ayahnya adalah Salma binti ‘Amr an-Najjari dan nenek dari ibu Abdullah adalah Takhmur binti Abdillah bin Qushai al-Qurasyiah. Ayahanda beliau juga memiliki anak yang terlahir dari istri yang lain yaitu Halah binti Wahb, Nukailah binti Janab, Shakhrah binti ‘Abd, dan Samra’.

Ribet ya ? hehehehe, tapi kita harus tau dan mau tau yaa... Bagaimana ? Adakah nama nama tersebut diatas yang familiar kita dengar ? kalau aku pribadi sih ada dan beberapa teman diberikan nama oleh ayahanda dan ibunda tercintanya dengan nama nama diatas. MasyaAllah...

Mari kita lanjut inti cerita kali ini, yaitu tentang ayahanda Rasulullah.
Ayahanda beliau memiliki cerita tersendiri, yang tidak akan pernah terlupakan oleh rakyat Mekkah. Kisah fida’ atau pengorbanan. Kala itu, kakek beliau (Abdul Muthalib) bernazar kepada Allah SWT untuk menyembelih anaknya Abdullah. Kaum Quraisy melarang hal tersebut dan menyarankan agar menangguhkan penyembelihan dengan menggantinya menjadi unta-unta miliknya. Abdullah pun diundi dengan seratus unta. Pemuda yang rela dan ikhlas akan ketentuan dan takdir Allah, sampai datang pertolongan Allah yang menebusnya dengan harga paling tinggi kala itu.

Abdullah adalah sosok pemuda yang menjadi idaman wanita Makkah. Diantaranya adalah Qutailah binti Naufal, saudari Waraqah bin Naufal. Sebuah kisah saat Abdullah berada di dekat Ka’bah.
Qutailah bertanya “Mau kemana kamu wahai Abdullah ?”.

Abdullah pun menjawab “Aku ingin bersama ayahku”.

Qutailah mengatakan maksudnya “Aku akan memberimu unta sejumlah tebusanmu dulu jika engkau mau sesaat saja menerimaku”.

“Aku ingin bersama ayahku dan aku tidak bisa berpisah dengannya” Abdullah menolak dengan santun.


Bukan hanya itu,..
Wanita lain pun pernah mencoba menggodanya, Fatimah binti Murr, wanita paling cantik dan paling cerdas serta pandai membaca kitab suci.
“Apakah engkau bersedia tidur denganky ? Jika iya, aku akan memberimu seratus unta” kata Fatimah binti Murr.

Abdullah pun menolak dengan tegas “Adapun keharaman maka kematian sangatlah dekat dengannya. Adapun kehalalan, tiada kehalalan dan aku akan menjelaskan. Bagaimana dengan apa yang telah engkau tawarkan, bisa melindungi harta dan agama orang mulia ?”


Begitulah ayahanda Rasulullah SAW, yang tidak tergoda dengan cantiknya wanita Makkah. Kota yang kala itu penuh dengan kebodohan, kejahatan dan nafsu buta. Pribadinya tak pernah buruk sampai Allah memanggilnya. Semoga dengan artikel ini kita dapat mengenal lebih dalam lagi kisah keluarga Rasulullah SAW.
Semoga kita dapat mengambil hikmah dan manfaat sebagai bekal kita dalam berperilaku menghadapi zaman yang penuh dengan fitnah dunia dan sampai ketemu lagi di tulisan selanjutnya J


Dikutip dari Buku Fatimah Az-Zahra oleh Hj. Siti Zumratus Sa’adah, M.A. dengan gaya penulisan yang berbeda.

Komentar


  1. Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message home a bit, but other than that, this is magnificent blog. An excellent read. I will definitely be back. capital one login

    BalasHapus
    Balasan
    1. thankyou !! hod did you can read this ? by google translate ? coz this's indonesian language.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pisang Cavendish

Lanjutkan Mimpimu

the first book in 2k18 - Tentang Kamu