Pisang Cavendish

Pisang ? pasti semua udah pada pernah makan kan...
Jadi ini pengalaman aku tentang salah satu jenis pisang, yaitu Pisang Sunpride yang selalu ber tag "fresh everyday". Waktu aku di Kampung Inggris, Pare, aku dan temen lagi nyari Pisang Sunpride dan pada saat itu kami kurang tau nama pisangnya apa yang kami kira adalah "Pisang Sunrise" ^^

Sepanjang jalan, dengan mengayuh sepeda di sepanjang jalan raya Kampung Inggris, kami menanyakan Pisang Sunpride dan akhirnyaa setelah masuk ke beberapa toko buah kami dapat buahnya :D

Kenapa sih pada saat itu aku nyarinya Pisang Sunpride ? Karena pisangnya bagus banget dan aku suka. Rasanya juga manis dan jarang ada yang lembek karena benturan. Dulu aku mikir Pisang Sunpride itu adalah pisang impor, kalau kalian mikirnya gimana ?
Secara, jenis Sunpride ini sama persis seperti pisang-pisang yang dijual di luar negeri (padahal belum pernah ke luar negeri sih -__-), ya maksud aku di scene film yang ada nunjukin jual jual buah gitu :D

Oke deh, jadi sebenernya apa sih Pisang Sunpride itu ?
Pisang Cavendish merupakan pisang yang dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Pisang Cavendish banyak dianggap sebagai buah import, kesan tersebut muncul karena kulit pisang yang mulus, rasanya yang manis dan warnanya yang kuning cerah.


Padahal sebenarnya Pisang Cavendish sunpride ditanam dikebun milik group gunung sewu yang ada di Lampung. Kulitnya yang mulus dikarenakan perawatan yang maksimal mulai dari pemilihan bibit dan pengemasannya.

Pisang Cavendish sunpride memiliki beberapa jenis yang dijual dipasar yaitu cluster, finger dan single. Cavendish cluster terdiri dari 3-8fingers , Cavendish finger terdiri dari 1-2 fingers sedangkan Cavendish single hanya ada 1 finger yang dikemas dalam plastik khusus yang berlubang agar bisa menjaga suhu buah dan tidak menyebabkan jamur.

kalau mau tau selengkapnya tentang pisang cavendish dan bagaimana cara budidayanya, monggo silahkan klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lanjutkan Mimpimu

A diamond