Lanjutkan Mimpimu

Haloo.. sudah lama tidak menyentuh blog ini. Kali ini aku kembali ^^




Alhamdulillah sudah satu tahun berlalu setelah kelulusan D4 Gizi Poltekkes Kemenkes Medan. Sekarang aku sedang melanjutkan S2 di UNS Jurusan Gizi minat Human Nutrition, dan masih di awal semester 1.

Jadi, dari kemarin-kemarin banyak sekali yang tanya-tanya ke aku. Untuk gizi di UNS ada gak lanjutan dari D3 ke S1 ? S2 nya gimana kak ? trus apa aja syaratnya untuk masuk S2 ? Kapan kak pendaftarannya ? Aku cukup senang sih melihat antusias anak muda dalam menggapai cita-cita, ilmu, ataupun bekerja keras dalam karirnya. Selama semangat itu menyala, maka jaga terus agar tetap membara yaa.

Mari kita mulai.


UNS itu adalah Universitas Sebelas Maret yang berada di kota Surakarta (Solo). Sedih sih kalau ada yang masih khilaf nyebut arti singkatannya huhu. Memang namanya bikin rancu sih hehe dan kalau kamu ke bank untuk bayar ujian pendaftarannya nanti, pastikan kamu menyebutnya UNS ya, karena kalau bilangnya Universitas Sebelas Maret, sampe pindah bank dua kali juga ga akan nemu di sistem mereka (silly experience hahaha).



Untuk mahasiswa/i gizi, untuk saat ini ekstensi dari D3 ke S1 di UNS sendiri belum ada. Tapi kalau untuk S2 ADA banget hehe.

Yang aku tulis adalah berdasarkan pengalaman aku ya. 



Yang harus dilakukan adalah :
1. Mendaftar
Persyaratan yang harus kamu penuhi pertama kali adalah mendaftar di website pasca. Trus kapan pendaftarannya ? Sering-sering kunjungi website nya aja ya. Biasanya dalam satu tahun dibuka dua kali dan dilakukan dipertengahan semester. Kemungkinan untuk akhir tahun ini sih kalau gak september ini ya oktober.

2.  Membayar Pendaftaran
Saat kamu mendaftar, nanti akan ada no pendaftaran untuk masing-masing peserta yang berguna  untuk username akun kamu nantinya. Biaya mendaftar ujiannya adalah Rp 400.000 untuk masing-masing peminatan, Human Nutrition atau Clinical Nutrition. Setelah itu, dibukti slip pembayaran kamu akan tertulis kode akses yang berguna untuk password masuk ke akun kamu.

3. Mengisi formulir pendaftaran online
Kamu hanya perlu mengikuti alur pendaftaran yang diinformasikan diwebsite tersebut menggunakan akun kamu. Biasanya didalam formulir tsb akan diminta soft copy berupa pas foto, transkrip nilai, ijazah, CV, rekomendasi dosen (2 dosen dan formatnya sudah ada), rencana selama studi S2 dan setelah studi S2 (format sudah ada), dan beberapa sertifikat yang menunjang keilmuan kamu. Jika kamu sudah memiliki sertifikat TOEFL dan TPA bappenas dilampirkan saja. Itulah kira-kira data-data yang dibutuhkan.

4. Submit
Setelah semua data kamu rampung, maka panitia akan memverifikasi pendaftaran kamu, dan akan mengemail kartu ujian untuk kamu. Nah disini, jika kamu sudah melampirkan sertifikat TOEFL dan TPA Bappenas yang memenuhi nilai syarat minimal, maka kamu tidak perlu ujian lagi dan dinyatakan lulus. Namun, jika kamu belum memiliki sertifikat tsb maka kamu harus ujian lagi. Ujiannya berupa Bahasa Inggris dan TPA di UNS.

5. Pengumuman
Dalam jangka waktu yang telah ditentukan, nanti akan ada pengumuman kelulusan. Jika kamu lulus, selamat ya dan ayo kita majukan Indonesia dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik. Jika belum lulus, dicoba lagi nanti periode berikutnya.

6. Verifikasi Kelulusan
Setelah dinyatakan lulus, kamu akan membayar biaya matrikulasi sebesar Rp 2.000.000 dan kalau tahun ini, saat aku matrikulasi, anak kelas clinical dan human nutrition digabung dan yang pasti seru karena bisa mengenal banyak teman dari berbagai daerah, juga rentang usianya kan berbeda-beda, terkadang joke nya anak muda dan orang yang “agak” tua itu beda tapi disitulah lucunya kelas hehe.
Matrikulasinya kurang lebih selama sebulan. Kamu juga harus membayar UKT semester Rp 7.500.000 untuk Human dan Rp. 8.050.000 untuk Clinical Nutrition. Hardcopy file pendaftaran kamu tadinya juga dibawa ke gedung Pascasarjana dengan jilid biru saat registrasi on desk.

7. Perkuliahan
Setelah matrikulasi selesai selama satu bulan senin-jumat, kamu akan cukup mengenal teman-teman kamu dan jadwal kuliah pun akan keluar. Untuk saat ini, perkuliahan dilakukan 2 hari dalam satu minggu. Senin-selasa untuk Clinical Nutrition dan Rabu-kamis untuk Human Nutrition dengan waktu yang relatif sama, kira-kira dari jam 7.30 - 16.00.

Duh cuma dua hari ? enak banget yaa ?
Hemm, tugas-tugas banyak hehe dan waktu perkuliahan yang singkat ini, gunakan sebaik-baiknya agar bisa mengerjakan semua beban studi dan lulus tepat waktu. S2 itu berbeda dengan S1, dari awal hari pertama duduk dikelas saja, yang disinggung-singgung setiap dosen adalah Tesis. Jika kamu menghitung kata yang diucapkan dosen selama 1,5 jam, akan keluar banyak kata "tesis" dan menari-nari ke udara hahaha. Intinya, 2 tahun itu singkat. Selagi masih muda dan sehat, kejar semua dengan cepat dan tepat, insyaallah bermanfaat.























Jika ada yang ingin kamu tanyakan lagi dan ingin untuk aku tulis disini secara jelas, kamu bisa hubungi aku di email, DM atau komen disini. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca J

Semoga bermanfaat dan see yaaa :)

PS : Foto banyak diambil dari instagram akun UNS.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pisang Cavendish

A diamond